Selasa, 29 April 2014

Fungsi Aritmatika, Sel Absolut, Statistik, If, Hlookup&Vlookup, Logika, Matematika dan Text

Fungsi Aritmatika



Simbol yang Umum digunakan di Microsoft Excel tersebut antara lain:
1. + (plus) : penjumlahan
2. – (minus) : pengurangan
3. * (kali) : perkalian
4. / (bagi) : pembagian
5. % (persen) : presentase
6. ^ (pangkat ) : menghitung pangkat

RUMUS ARITMATIKA
  1. Penjumlahan    Rumusnya  =Range+Range 
  2. Pengurangan    Rumusnya  =Range-Range
  3. Perkalian         Rumusnya  =Range*Range
  4. Pembagian       Rumusnya  =Range/Range


Soal : 














Hitunglah sel yang berwarna merah tersebut menggunakan rumus Aritmatika !





Pembahasan : 




Langkah-langkahnya adalah :



  1. Penjumlahan : menambahkan semua angka yang ada pada sel di tabel tesebut dengan memasukkan rumus =C5+D5+E5
  2. Penngurangan : mengurangi semua angka yang ada pada sel di tabel tesebut dengan memasukkan rumus =C5-D5-E5
  3. Perkalian : mengalikan semua angka yang ada pada sel di tabel tesebut dengan memasukkan rumus =C5*D5*E5
  4. Pembagian : membagi semua angka yang ada pada sel di tabel tesebut dengan memasukkan rumus =C5/D5/E5
  5. Penggabungan  : menggabungkan beberapa simbol pada semua angka yang ada pada sel di tabel tesebut dengan memasukkan rumus =C5*D5-E5






Fungsi Sel Absolut




Sel absolut adalah lembar kerja / alamat sel yang tidak mengalami perubahan dimana pada saat menjumlahkan,mengurangi,membagi,mengalikan,maupun menggabungkan,ada satu sel yang dikunci dan tidak bisa berubah.

Untuk mengunci sel tersebut bisa menekan F4 pada keyboard  

Soal : 




Isilah kolom yang berwarna tersebut dengan Fungsi Sel Absolut......!!



Pembahasan :





Langkah-langkahnya adalah :



  1. Ketik Rumus Fungsi Sel absolut dan sesuaikan isinya dengan tabel yang akan di hitung tersebut 
  2. Setelah menulis Rumus Fungsi Sel absolut, seperti yang ada di atas kemudian Tekan ENTER
  3. Apabila ingin mengisi kolom yang berada di bawahnya maka arahkan kursor ke pojok bawah kotak dari sel tersebut sampai kursor berubah menjadi (+) dan drag ke bawah.


Fungsi Statistik



Fungsi Statistik merupakan fungsi yang digunakan untuk menjumlah total nilai,mencari nilai rata-rata,mencari jumlah data,ataupun mencari nilai maksimum dan minimum.

Berikut beberapa fungsi statistika yang sering digunakan:
1. Max : mencari nilai terbesar dari suatu range
2. Min : mencari nilai terkecil dari suatu range
3. Sum : mencari jumlah dari ini data yang terdapat pada suatu range
4. Average : mencari nilai rata-rata dari suatu range
5. Count : mencari jumlah data yang terdapat pada suatu range


Rumus yang di gunakan :
1. Max : =MAX(Range)
2. Min :  =MIN(Range)
3. Sum : =SUM(Range)
4. Average : =AVERAGE(Range)
5. Count :   =COUNT(Range)


Soal : 



Hitunglah total,terkecil,terbesar,rata-rata,dan jumlah data dari tabel tersebut ?



Pembahasan :





Langkah-langkahnya adalah :



  1. Mengetahui Nilai Total : =SUM(C4:C13) Artinya menambahkan jumlah data dari sel C4 sampai dengan sel C13 
  2. Mengetahui Nilai Terkecil : =MIN(C4:C13) Artinya menghitung jumlah data terkecil dari sel C4 sampai dengan sel C13 
  3. Mengetahui Nilai Terbesar : =MAX(C4:C13) Artinya menghitung jumlah data terbesar data dari sel C4 sampai dengan sel C13 
  4. Mengetahui Rata-rata : =AVERAGE(C4:C13) Artinya menghitung Rata-rata data dari sel C4 sampai dengan sel C13 
  5. Mengetahui Jumlah Data : =COUNT(C4:C13) Artinya menghitung jumlah data dari sel C4 sampai dengan sel C13 




Fungsi If




If : Fungsi If dapat di bagi menjadi 2 cara yaitu :

Cara 1 : Menggunakan Fungsi IF Tunggal
Berdasarkan kondisi data pemohon tersebut kita akan menerima pegawai dengan syarat hanya mereka yang memiliki pendidikan S1 yang akan diterima (Lulus), maka fungsi yang kita gunakan adalah :
=IF(C5=”S1″;”Lulus”;”Gagal”)
Artinya : Jika nilai Cell C5 memiliki nilai S1 maka akan dinyatakan Lulus dan jika nilai Cell C5 bukan S1 akan dinyatakan Gagal.

Cara 2 : Menggunakan Fungsi IF Rangkap
Syarat adalah jika pemohon memiliki pendidikan S1 akan langsung dinyatakan Lulus, jika berpendidikan D3 akan dipertimbangkan dan selain dari itu akan langsung dinyatakanGagal.
=IF(C5=”S1″;”Lulus”;IF(C5=”D3″;”Dipertimbangkan”;”Gagal”))

Artinya : Jika Cell C5 memiliki nilai S1 maka akan dinyatakan gagal, Jika bukan S1 dan memiliki nilai D3 akan dinyatakan Dipertimbangkan dan jika bukan S1 atau D3 akan dinyatakan Gagal.

Sumif : Yaitu untuk menjumlahkan sebuah nilai dalam satu range dengan kriteria tertentu

Countif : Fungsi ini untuk menghitung jumlah data yang memenuhi kriteria tertentu

RUMUS FUNGSI IF
=SUMIF(Range kriteria, Kriteria, Range yang diproses)
=COUNTIF(Range kriteria, Kriteria)



Soal :



Isilah kolom yang berwarna tersebut dengan Fungsi If.......!!



Pembahasan :



langkah-langkahnya ialah :


  1. Ketik Rumus Fungsi If dan sesuaikan isinya dengan tabel tersebut 
  2. Setelah menulis Rumus Fungsi If, seperti yang ada di atas tinggal Tekan ENTER
  3. Apabila ingin mengisi kolom yang berada di bawahnya maka arahkan kursor ke pojok bawah kotak dari sel tersebut sampai kursor berubah menjadi (+) dan drag ke bawah.







Fungsi Hlookup&Vlookup 


Fungsi Hlookup&Vlookup adalah untuk menampilkan informasi berdasar pada pembacaan dari suatu tabel atau kriteria tertentu dalam daftar/tabel.

Fungsi HLOOKUP dan VLOOKUP digunakan untuk membaca tabel secara vertikal (VLOOKUP) atau secara horizontal (HLOOKUP)

RUMUS HLOOKUP&VLOOKUP
=HLOOKUP(sel kunci, alamat tabel Bantu, no kolom dari tabel Bantu)
=VLOOKUP(sel kunci, alamat tabel Bantu, no kolom dari tabel Bantu)



Soal :




Isilah kolom yang berwarna tersebut dengan Fungsi Hlookup&Vlookup....... !!






Pembahasan :   





langkah-langkahnya ialah :



  1. Drag sel I5 sampai dengan L8 seperti tabel yang berwarna biru di atas dan beri nama sel tersebut dengan nama GAJI. dan ulangi cara tesebut pada tabel potongan(pajak) dengan nama PAJAK
  2. Rumus yang di gunakan pada cell gaji pokok adalah :=VLOOKUP(B5;GAJI;2)
  3. Rumus yang di gunakan pada cell tunjangan adalah :=VLOOKUP(B5;GAJI;2)
  4. Rumus yang di gunakan pada cell transport adalah :=VLOOKUP(B5;GAJI;2)
  5. Rumus yang di gunakan pada cell pajak adalah :=HLOOKUP(B5;PAJAK;2)
  6. Apabila ingin mengisi kolom yang berada di bawahnya maka arahkan kursor ke pojok bawah kotak dari sel tersebut sampai kursor berubah menjadi (+) dan drag ke bawah.




Fungsi Logika

Fungsi Logika adalah Fungsi yang digunakan dalam menentukan suatu tes secara logika yang dikerjakan dalam menampilkan hasil proses. Biasanya hasilnya berupa karakter yang bernilai True (benar yang bernilai 1) atau False (salah yang bernilai 0).



Simbol
Keterangan
=
Sama dengan, A1=B1
Lebih besar A1> B1
Lebih kecil, A1 <B1
>=
Lebih besar atau sama dengan , A1>=B1
<=
Lebih kecil atau sama dengan, A1<=B1
<> 
Tidak sama, A1 <>B1


Fungsi Not


Fungsi Not, And dan Or sebetulnya jarang dipakai secara sendirian. Biasanya fungsi-fungsi  ini bersama-samaan atau di dalam fungsi If. Fungsi Not dipakai untuk membalik suatu nilai logika. Bentuk penulisannya adalah :

= Not(nilai logika)

jika Perntaan nilai logika berupa True (Benar),maka hasil fungsi Not adalah False (Salah). Jika Pernyataan nilai  Logika berupa False (Salah), maka fungsi Not adalah True (Benar).

Sebagai contoh :
=Not(5>6) akan menghasilkan Nilai True (Benar).


Fungsi And

Fungsi And dipakai untuk menghubungkan satu nilai logika atau lebih menjadi satu nilai logika baru. Bentuk penuisannnya adalah :

=And(niali logika1;nilai logika2:…)

Hasil fungsi logika And akan berupa True (Benar)hanya jika semua Pernyataan bernilai True (Benar). Jika salah satu saja Pernyataan bernilai False (Salah). Maka hasil fungsi logika And akan bernilai False (Salah),

Sebagai contoh :
= And(5>4;6>4) akan menghasilkan nilai True (Benar). Sedangkan penulisan
=And(5>4;6>4;8<7) akan menghasilakan nilai False (Salah).



Fungsi Or

Fungsi logika Or dipakai untuk menghubungkan satu nilai logika atau leibh menjadi satu nilai logika baru. Bentuk penulisannya  adalah :

=Or(nilai Logika1;nilaiLogika2:…)


Hasil fungsi laogika Or akan berupa False (Salah) hanya jika semua Pernyataan bernilai False (Salah), jika salah satu saja Pernyataan bernilai True (Benar),maka hasil fungsi logika Or adalah True (Benar)

Sebagai contoh :
=Or(5>4;6>4) akan menghasilkan  nilai True (Benar).
=Or(5>4; 8<7) akan menghasilkan  nilai True (Benar).
=Or(5>4;6>4;8<7) akan menghasilakn nilai False (Salah).


Soal :







Isilah kolom yang berwarna tersebut dengan Fungsi Logika.....!!!



Pembahasan :





langkah-langkahnya ialah :
  1. Untuk mengisi pada kolom F.AND maka haru menggunakan rumus Fungsi AND yaitu =AND(B3<C3) Setelah itu tekan ENTER pada keyboard
  2. Untuk mengisi pada kolom F.OR maka haru menggunakan rumus Fungsi OR yaitu =OR(B3<1) Setelah itu tekan ENTER pada keyboard
  3. Untuk mengisi pada kolom F.NOT maka haru menggunakan rumus Fungsi Not yaitu =NOT(B3<D3) Setelah itu tekan ENTER pada keyboard
  4. Apabila ingin mengisi kolom yang berada di bawahnya maka arahkan kursor ke pojok bawah kotak dari sel tersebut sampai kursor berubah menjadi (+) dan drag ke bawah.


Fungsi Matematika

Fungsi Matematika adalah Fungsi yang digunakan dalam perhitungan matematika, yang biasanya berupa +, -, ^, akar, pembulatan angka, sudut, sinus, cosinus, tangen, hiperbola, dan sebagainya.



COS
- Fungsinya untuk menghasilkan nilai cosinus dari sudut (dalam radian)
- Bentuk penulisannya  

=COS(number)

SIN
- Fungsinya untuk menghasilkan nilai sinus dari sudut (dalam radian)
- Bentuk penulisan 

=SIN(number)

TAN
- Fungsinya untuk menghasilkan nilai tangen dari sudut (dalam radian)
- Bentuk penulisan 

=TAN(number)




Soal :



Isilah kolom yang berwarna tersebut dengan Fungsi Matematika......... !!!!





Pembahasan :




langkah-langkahnya ialah :


  1. Untuk mengisi pada kolom SIN maka haru menggunakan rumus SIN yaitu =SIN(B3) Setelah itu tekan ENTER pada keyboard
  2. Untuk mengisi pada kolom COS maka haru menggunakan rumus COS yaitu =COS(B3) Setelah itu tekan ENTER pada keyboard
  3. Untuk mengisi pada kolom TAN maka haru menggunakan rumus TAN yaitu =TAN(B3) Setelah itu tekan ENTER pada keyboard
  4. Apabila ingin mengisi kolom yang berada di bawahnya maka arahkan kursor ke pojok bawah kotak dari sel tersebut sampai kursor berubah menjadi (+) dan drag ke bawah.


Fungsi Text


Fungsi Text adalah Fungsi yang digunakan dalam mendapatkan suatu informasi berisi teks yang tersimpan dalam sel tertentu. di dalam fungsi text terdapat beberapa Fungsi yaitu :


1. Fungi Left
Fungsi Left adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data di Microsoft Excel dimulai dari kiri.
Rumus umum fungsi Left adalah sebagai berikut :
=Left(text;num_char)
Maksud dari rumus diatas adalah : text adalah tempat dimana data yang akan diambil karakternya, num_char adalah berapa jumlah karakter yang hendak kita ambil.
Contoh :
 2. Fungsi Mid
Fungsi Mid adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data di Microsoft Excel dimulai dari tengah.
Rumus umum fungsi Mid adalah sebagai berikut :
=Mid(text;start_num;num_char)
Maksud dari rumus diatas adalah : text adalah tempat dimana data yang akan diambil karakternya, star_num adalah karakter diambil dimulai dari karakter berapa dari kiri, num_char adalah berapa jumlah karakter yang hendak kita ambil.
contoh:
 3. Fungsi Right
Fungsi Right adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data di Microsoft Excel yang ada disebelah kanan.
Rumus umum fungsi Right adalah sebagai berikut :
=Right(text;num_char)
Maksud dari rumus diatas adalah : text adalah tempat dimana data yang akan diambil karakternya, num_char adalah adalah berapa jumlah karakter yang hendak kita ambil.
Contoh :
 4. Fungsi Upper
UPPER digunakan untuk mengubah teks menjadi huruf besar semua. Misalnya texnya “ini adalah anak XPERIA” akan diubah menjadi “INI ADALAH ANAK XPERIA” 
Rumus umum fungsi Upper adalah sebagai berikut :
= UPPER(text).
Contoh : upper(A7)
5. Fungsi Lower
LOWER digunakan untuk menguah teks menjadi huruf kecil semua. Misalnya teknya “ini adalah fungsi LOWER” akan diubah menjadi “ini adalah fungsi lower”
Rumus umum fungsi Lower adalah sebagai berikut :
= LOWER(text)
Contoh : Lower(A7)
6.      Funsi Concatenate :
digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string,

Rumus umum fungsi Right adalah sebagai berikut : 
=CONCATENATE(text1,text2,…)
7. Fungsi length
Digunakan untuk menghitung jumlah karakter teks yang ditujukan.
Rumus umum fungsi Leght adalah sebagai berikut :
= len (text)
Contoh : len (A7)

Soal :





Isilah kolom yang berwarna tersebut dengan Fungsi Text.........Dengan kriteria kata F.LEFT : Cela, F.MID : Pa, F.RIGHT : Jang, F.LEN : 4, F.LOWER : Celana , F.UPPER : Panjang , F.CONCATENATE : Celana Panjang Baru  !!!



Pembahasan :




langkah-langkahnya ialah :


  1. Untuk mengisi pada kolom F.LEFT maka haru menggunakan rumus Fungsi Left yaitu =LEFT(A2;4) Setelah itu tekan ENTER pada keyboard
  2. Untuk mengisi pada kolom F.MID maka haru menggunakan rumus Fungsi Mid yaitu =MID(B2;2) Setelah itu tekan ENTER pada keyboard
  3. Untuk mengisi pada kolom F.RIGHT maka haru menggunakan rumus Fungsi Right yaitu =RIGHT(B2;4) Setelah itu tekan ENTER pada keyboard
  4. Untuk mengisi pada kolom F.LEN maka haru menggunakan rumus Fungsi Len yaitu =LEN(C2) Setelah itu tekan ENTER pada keyboard
  5. Untuk mengisi pada kolom F.LOWER maka haru menggunakan rumus Fungsi Lower yaitu =LOWER(A2) Setelah itu tekan ENTER pada keyboard
  6. Untuk mengisi pada kolom F.UPPER maka haru menggunakan rumus Fungsi Upper yaitu =UPPER(B2) Setelah itu tekan ENTER pada keyboard
  7. Untuk mengisi pada kolom F.CONCATENATE maka haru menggunakan rumus Fungsi Concatenate yaitu =CONCATENATE(A2;B2;C2) Setelah itu tekan ENTER pada keyboard
  8. Apabila ingin mengisi kolom yang berada di bawahnya maka arahkan kursor ke pojok bawah kotak dari sel tersebut sampai kursor berubah menjadi (+) dan drag ke bawah.
  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar